Sukses

Benjolan Di Kedua Lutut

24 Jul 2017, 10:31 WIB
Pria, 28 tahun.

Kedua lutut saya kok ada benjolan seperti punuk onta kenapa ya dok? Sudah sejak saya SMP. Saya lihat orang lain kok lututnya nggak ada benjolannya.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sulit untuk menentukan diagnosis terhadap keluhan benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung ataupun pemeriksaan penunjang. Keluhan Anda adalah benjolan pada daerah lutut. Kami perlu mengetahui sifat dari benjolan tersebut, apakah kenyal, mudah digerakkan, ukurannya, apakah sewarna kulit, apakah terasa nyeri, apakah semakin membesar, dsb. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, dimana terjadi kedua lutut dan sudah sejak lama, dan jika tidak memiliki keluhan, tidak semakin membesar, kemungkinan merupakan varian normal. 

Penyebab lain benjolan pada lutut dapat karena kista baker. Kista Baker adalah benjolan kista di daerah lutut yang merupakan pembengkakan jinak pada bantalan persendian lutut. Pembengkakan ini terjadi karena cairan sendi lutut yang diproduksi terdorong keluar oleh desakan tulang dan persendian lutut sehingga membentuk kantung yang berisi cairan. Biasanya kista ini terletak di bagian belakang lutut. Hal ini biasanya dipicu dari kejadian radang sendi (artritis) dan memang sering terjadi pada mereka yang sering menggunakan lututnya (atlit).

Namun, untuk memastikan diagnosis ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Bila memang Kista Baker maka terdapat beberapa pilihan penanganan seperti aspirasi (pengambilan) cairan, pemberian suntikan anti radang (kortikosteroid) dan tindakan lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda

Anda dapat melakukan tips berikut:

1. Istirahatkan lutut Anda. Jangan melakukan kegiatan fisik berlebihan. Bila perlu gunakan tongkat penyangga untuk membantu Anda berjalan agar lutut Anda dapat beristirahat.

2. Gunakan es untuk mengompres bagian yang nyeri atau Anda dapat menggunakan bebat untuk mengkompresi lutut.

3. Letakkan kaki Anda dalam posisi elevasi (dinaikkan lebih tinggi), terutama pada malam hari.

Untuk mengetahui penyebab pasti yang Anda alami saat ini, sebaiknya Anda mengunjungi dokter specialis orthopedi untuk pemeriksaan lebih lanjut dan untuk memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar