Sukses

Haid Tidak Teratur

24 Jul 2017, 10:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya pertama haid saat SMA, dari awal jarak haid pertama ke yg selanjutnya sudah tidak teratur. Parahnya bisa sampai 12 bulan tidak dapat haid. Kenapa bisa seperti ini ya dok? Saya pernah coba USG sampai 2x tapi kata dokternya tidak ada masalah di rahim saya (seperti mium/kista). Apakah ini berpengaruh pada kesuburan? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Haid Tidak Teratur Mengganggu Kesuburan menggunakan Fitur Tanya dokter.

Umumnya oligomenorea (siklus haid lebih dari 35 hari) dan metroragi (haid sebulan 2x) tidak menyebabkan masalah, namun pada beberapa kasus oligomenorea dan metroragi dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Siklus haid tidak teratur biasanya juga berarti terdapat gangguan fungsi indung telur (ovarium) yang umumnya karena gangguan hormonal. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan hormon basalnya (dari darah) yang dilakukan pada hari ke 3-5 dari siklus haid untuk mengetahui kelainan hormonalnya supaya dapat dilakukan pengobatan yang tepat. Siklus haid yang tidak teratur ini juga dapat menyulitkan seseorang dalam menentukan masa subur.

Kami sarankan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan. Jika memang terdapat ketidakseimbangan hormon, dokter akan memberikan terapi hormonal yang akan disesuaikan dengan jenis hormon yang mengalami gangguan, dalam hal ini dengan pemberian pil KB untuk memperbaiki keseimbangan hormon Anda.

Siklus haid yang tidak teratur memang mempengaruhi kesuburan, untuk itu saat ini perlu diperbaiki terlebih dahulu siklus menstruasi Anda berdasarkan penyebabnya.

Demikian informasi tentang Haid Tidak Teratur Mengganggu Kesuburan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar