Sukses

Flek di Awal Kehamilan

24 Jul 2017, 10:06 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dok.. Dok saya kan sedang hamil 8minggu selalu keluar flek dan sering lemas. Kemudian saya periksa ke bidan dan di tespek ulang hasilnya masih positif. Lalu saya dikasih vitamin, obat flek dan obat mual. Nah setelah beberapa hari konsumsi obat tersebut. Flek saya hilang dan mual agak berkurang. Sehingga aku ngerasa sprti tidak hamil. Perutku tdk keras dan msh berlipat. Apakah itu normal dan apakah janin saya masih berkembang dok ??? Apa itu keguguran tapi tidak mengeluarkan darah ???

Terima kasih Anda telah bertanya flek di awal kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter..

Apakah sejauh ini Anda sudah pernah melakukan pemeriksaan USG? Dengan pemeriksaan USG kehamilan, denyut jantung janin biasanya dapat dideteksi pertama kali saat janin berusia 7 minggu, dimana janin sudah lebih mudah dilihat di dalam kantong gestasi, denyut jantung janin sudah dapat terlihat dengan lebih jelas, struktur kepala janin sudah dapat dibedakan dari badan janin dan mungkin gerakan janin pun sudah dapat terdeteksi. Namun, pembentukan jantung yang sempurna biasanya mencapai 6-8 minggu. Selain dengan USG, denyut jantung janin juga bisa didengar dengan menggunakan alat Doppler pada usia kehamilan 16 minggu dan dengan Stetoskop Monoaural Laenec pada usia kehamilan 20 minggu.

Kami tidak dapat memastikan apakah keluarnya bercak merah beserta lendir yang Anda alami merupakan tanda-tanda keguguran atau bukan karena kurangnya data dan keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Untuk memastikan apakah perdarahan tersebut adalah tanda keguguran atau bukan, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan Anda sesuai dengan jangka waktu yang dianjurkan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait flek di awal kehamilan , semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar