Sukses

Pertumbuhan Payudara pada Anak

24 Jul 2017, 07:49 WIB
Wanita, 31 tahun.

Slmt mlm dok, sya punya putri usianya skarang 9th. pd usia 8th dia dah ngsain mau tmbh payudara. Pertama dia ngsain sakit di sblh kiri slang berapa bulan dia ngsain sakit d sblh kanan smpe skarang yg tumbuh lbih dulu sebelah kanan. yang ingin sya tanyakan apakah hal itu normal di usia segitu. dan benarkan seperti itu ciri awal akan tumbuh payudara.sekian trimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ada ciri seks sekunder lain yang muncul seperti rambut pada daerah kemaluan? Apkah sudah terdapat menstruasi? Adakah pertambahan tinggi badan yang pesat dalam beberapa waktu belakangan? Bila Ya, maka kemungkinan telah terjadi pubertas yang lebih cepat (pubertas prekoks). Namun jika tidak ada tanda-tanda seperti itu, kemungkinan besar payudara membesar pada anak Anda bukan disebabkan oleh pubertas. Salah satu kemungkinannya adalah akibat penumpukan lemak ditubuh. Berikut kami jelaskan mengenai pubertas.

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi-fungsi seksual. Masa pubertas saat ini sudah dimulai pada usia 8-12 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa pubertas, pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat.

Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas, ditandai dengan menstruasi pertama (menarche) pada remaja putri dan mimpi basah pada remaja putra. Pubertas menjadikan seorang anak mampu untuk bereproduksi. Pada masa pubertas, terdapat pengaruh hormonal yang mempengaruhi proses ini, yaitu hormon FSH dan LH, ditambah dengan hormon estrogen dan progesteron pada anak perempuan.

Bentuk fisik keduanya akan berubah, pada wanita akan ditandai dengan perubahan bentuk payudara dan pertumbuhan rambut pubis dan ketiak, sedangkan pada laki-laki akan memperlihatkan perubahan pada suara (manjadi berat), otot, dan lainnya yang berhubungan dengan hormon testosteron untuk perkembangan seksual sekunder.

Nutrisi dan lingkungan juga berperan di dalam mempercepat terjadinya pubertas pada anak-anak. Dibandingkan dahulu dimana pubertas baru dialami pada anak usia 15-17 tahun, saat ini pubertas terjadi lebih dini pada usia belasan awal atau di bawah 11 tahun. Anda dapat melihat perkembangan pubertas pada wanita normal digambarkan melalui Stadium Tanner di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/125

Bila Anda khawatir, kami menyarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk diperiksa lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar