Sukses

Pemberian Makanan Pendamping ASI

23 Jul 2017, 14:06 WIB
Pria, 9 tahun.

Saya mau tanya dok.. Usia anak saya 9bln.. Tapi saya jarang sekali memberi dia mkanan pendamping.. Mungkin hanya sesekali saya berikan makanan pendamping saya lebih banyak memberikan sufor kebetulan saya pakai chilmil.. Soalnya anak sya suka mencret kalo si kasih makanan pendamping .. Sebenarny penting gak dok makanan pendamping untuk balita.. Trimakasih

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar pemberian makanan pendamping ASI melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

pemberian makanan pendamping ASI adalah upaya pemenuhan kebutuhan pemenuhan nutrisi untuk bayi setelah ASI eksklusif 6 bulan. pemberian makanan pendamping ASI juga dilakukan untuk menstimulasi fungsi perkembangan Anak.

pemberian makanan lunak dimulai ketika Anak Anda berusia 6 bulan yaitu ketika sudah tidak ada head lag. bayi sudah mampu mempertahannkan posisi tegak lehernya dan sudah menghilang gag refleks. dianjurkan memulai makanan lunak dengan frekuensi 2 - 3 kali per hari dan setelah usia 8 bulan 3 -- 4 kali. hal ini juga bertujuan untuk mempersiapkan bayi ke pola makan dewasa. pemberian susu formula juga sebenarnya dapat dilakukan walaupun direkomendasikan ASI deiberikan hingga usia 2 tahun. 

Tujuan utama pemberian makanan pendamping ASI adalah pemenuhan kalori dan nutrisi anak, pemberian susu formula saja biasanya tidak cukup untuk memenuhi keduanya, oleh karena itu sebaiknya tetap diberikan makanan lunak untuk pendamping ASI. 

apabila anak Anda masih mengalami masalah dalam pemberian makanna sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini pada spesialis anak bidang nutrisi dan metabolik

Demikian kami sampaikan informasi seputar pemberian makanan pendamping ASI, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar