Sukses

Nyeri Pinggang Kanan Akibat Masalah Ginjal, Apakah Benar?

23 Jul 2017, 22:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dok, mau nanya akhir ini pinggang kanan saya sering sakit, kalau pas bangun tidur dan duduk lumayan lama pinggang saya rasanya nyeri apalagi duduk terlalu lama pas bangun nyeri nya sangat terasa dan badan susah buat tegap kembali, saya ngrasain itu udah 1 bulan ini tapi yg sakitnya cuma bagian pinggang kanan doang, itu kenapa ya dok? Apa ada masalah ginjal atau kenapa ya?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pinggang melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri pinggang atau punggung bawah. Berikut adalah daftar beberapa penyebab yang dapat menyebabkan nyeri tersebut:

  1. Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama).
  2. Trauma, kecelakaan atau patah tulang.
  3. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan).
  4. Infeksi.
  5. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor.
  6. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan berlebihan pada tulang belakang).
  7. Tonus otot yang kurang baik pada bagian punggung.
  8. Tegangan atau spasme otot.
  9. Terkilir atau terpelintir.
  10. Robekan otot atau ligamen.
  11. Masalah pada persendian tulang belakang.
  12. Merokok.
  13. Hernia nukleosus pulposus (HNP) atau saraf terjepit
  14. Penyakit lainnya seperti osteoarthritis, spondilitis, atau fraktur kompresi.

Biasanya bila memang disebabkan oleh penyakit pada saraf tulang belakang, maka nyeri yang dirasakan akan menjalar ke daerah tubuh yang sesuai dengan yang dipersyarafi oleh saraf tersebut.

Selain penyakit-penyakit diatas, nyeri pinggang dapat juga disebabkan oleh masalah di ginjal seperti peradangan di ginjal atau pun batu ginjal. 

Tanda-tanda yang disebabkan oleh setiap penyakit tentu berbeda. Keluhan dini yang kemungkinan merupakan gejala batu ginjal adalah :

  • Nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus
  • Mual dan mutah
  • Darah di urin
  • Sering berkemih
  • Urin keruh dan berbau
  • Demam dan menggigil
  • Sensasi panas ketika berkemih
  • Kembung

Pada batu ginjal yang kecil, mungkin tidak menimbulkan gejala seperti diatas. Terkadang, batu yang berukuran kecil dapat keluar sendiri melalui urin sehingga tidak terjadi keluhan. Butuh pemeriksaan lanjutan untuk mendeteksi secara pasti diagnosis batu ginjal, antara lain meliput pemeriksaan darah, urin, pemeriksaan x-ray, ultrasonogram (USG), IVP, atau CT scan.

Tergantung dengan keluhan penyerta yang Anda alami, konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis yang bersangkutan. Bila keluhan yang Anda rasakan cenderung menjalar sampai ke kaki bahkan sampai ke jari-jari kaki, maka sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis saraf atau orthopedi subspesialis spine. Bila keluhan Anda cenderung berhubungan dengan saluran kencing, maka konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis urologi.

Sebaiknya bila Anda masih bingung, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri pinggang Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar