Sukses

Belum Hamil Setelah Menikah 2 Tahun

23 Jul 2017, 22:38 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok,sya sudah menikah 26bulan(2tahun lebih 2bulan)sya mau tanya dok soal biar sgra di kasih baby soalnya sya dan suami sudah promil,dan konsultasi ke Dokter.spog tapi masih blm membuahkan hasil pdhl suami tidak merokok dan tdak prnh knsumsi alkohol/kopi...dan selama 6bulan ini siklus haid sya tak menentu krna siklus haid sya paling lama 30hari dan paling pendek 28hari gmna cara menghitung msa subur yaa dok??dan di bulan juni kemarin haid sya tanggal 10 sampai 15 tolong bantuanya dok,terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar ingin cepat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mempunyai anak, maka dibutuhkan organ reproduksi yang sehat di kedua belah pihak, yaitu suami dan istri. Untuk mengetahui apakah organ reproduksi Anda sehat, diperlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan sperma, dan pemeriksaan darah.

Infertilitas sendiri didefinisikan oleh WHO sebagai: penyakit sistem reproduksi yang ditandai oleh kegagalan kehamilan klinis setelah 12 bulan atau lebih hubungan seksual yang reguler (frekuensi 2-3 kali/minggu) tanpa proteksi.

Sebelum Anda melakukan tips berikut, sebaiknya diketahui dulu 4 Poin Penting Agar Bisa Hamil sebagai prasyarat.

Ada 4 poin penting yang disyaratkan agar bisa hamil, yaitu:

  1. Apakah Anda berovulasi (mengeluarkan sel telur)?
  2. Apakah saluran telur normal (tidak ada sumbatan)?
  3. Apakah rahim Anda memungkinan untuk pertumbuhan janin?
  4. Apakah jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma normal?

Bagi pasangan yang sulit untuk mendapatkan keturunan, keempat hal tersebut perlu dijawab melalui uji-uji kesuburan (fertility workup). Hasil uji-uji tersebut nantinya menjadi dasar terapi apa atau pilihan metode hamil apa yang paling cocok bagi Anda dan pasangan.

Untuk menjawab pertanyaan pertama, pada wanita dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi, yaitu:

Estrogen (E2): hormon utama yang diproduksi oleh indung telur
Follicle-stimulating hormone (FSH): hormon yang menstimulasi pematangan telur.
Anti-Mullerian hormone (AMH): hormon yang paling akurat untuk melihat jumlah sel telur seorang wanita. Kadar hormon ini relatif stabil dan tidak dipengaruhi oleh siklus haid sehingga dapat dites kapan saja.
Luteinizing hormone (LH): hormon yang juga berfungsi dalam pematangan dan pelepasan sel telur.
Untuk menjawab pertanyaan kedua dan ketiga, diperlukan pemeriksaan USG kandungan dan HSG (histerosalpingografi). Kedua pemeriksaan ini untuk melihat apakah terdapat kelainan rahim seperti mioma, polip, atau penebalan dinding rahim yang menyulitkan pertumbuhan janin, juga untuk melihat patensi tuba (apakah ada sumbatan).

Untuk menjawab pertanyaan keempat, pada pria dilakukan analisis sperma untuk melihat jumlah, bentuk dan pergerakan sel sperma.

Keempat hal itu yang mendasari pemeriksaan apa yang diperlukan untuk mengevaluasi penyebab sulit hamil.

Berikut ini adalah tips alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Seputar Masa Subur.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
Berhubungan intim setiap hari di masa subur
Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini:

Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
Exercise yang berlebihan

4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E

5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Bila Anda ingin program hamil, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER). Dokter-dokter ini biasanya berpraktik di rumah sakit-rumah sakit besar (tipe B atau A).


Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai ingin cepat hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar