Sukses

Memperoleh Tubuh yang Ideal

23 Jul 2017, 21:11 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya mau nanya sebaiknya anaka remaja usia 15 tahun(dibawah 17) apakaah pembentukan otot buat remaja dlm masa pertumbuhan itu kurang baik yah dok(seperti home work out,ke gym). Karena orang berkata ini sama saja mereka menghambat penambahan tinggi dan beratbadan mereka sendiri yah dok.dan lagipula banyak yang berkata dengan kita rajin beraktifitas,bergerak,berjalan,bersepeda dll itu juga dapat membentuk ptpt seseorang dgn sendiri nya asal sabar memang sih ga atletis minimal bisa membentuk otot sedikit.minta saranya dok?.karena saya ini baru sudah diet dan sesudah diet ini setelah makan nasi saya jadi bersalah dok kalo ga langsung melakukan home work out dok .jadi rasanya kalo sudah makan gak langsung home work out kaya ad perasaan entar langsung gendut lagi di dalam hati dok.jadi resah banget dok padahal saya cuman makan nasi satu kali dok.kadang jadi ga enak sama ortu yang udah nyedian masak buat aku makan dok.dan juga kadang ortu saking ingin buat aku badanya berisi lagi(bukan gendut sih dok tapi berisi badan aku yg dulu bukan gemuk salah ketik dok)Dia kadang beliin aku susu full cream tiap pagi untu aku sarapan tapi aku nolak alasan aku takut gendut dok kasian kadang sama ibu aku dok.jadi aku sangat minta saran yg tepat dok untuk aku dok.ditunggu jawaban ny dok?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar memperoleh tubuh ideal melalui fitur Tanya Dokter.

Perhatikan beberapa point yang akan kami jelaskan :

  1. Kami memerlukan data lebih lengkap mengenai anda, berapakah tinggi anda dan berat badan anda. Apakah goal dari diet yang ingin anda lakukan? Pada dasarnya , usia anda masih dalam usia pertumbuhan dan memerlukan banyak kalori untuk memaksimalkan pertumbuhan. Apabila anda mengurangi sendiri makanan tanpa petunjuk klinisi atau pakar yang mengerti tentang nutrisi dan olahraga, ditakutkan hanya akan memberikan dampak yang buruk. 
  2. Tetaplah makan sesuai dengan porsinya, tidak perlu mengurangi, tetapi maksimalkan lah olahraga anda. Jangan pernah melewati sarapan pagi, dan sarapan pagi harus mengandung karbohidrat seperti roti, kentang,nasi atau oatmeal. Makanlah dengan teratur dengan pola 3 makan besar dan 2 snack diantaranya. Snack disini bukanlah makanan ringan yang bisa anda beli di toko-toko, melainkan makanan kecil seperti buah, susu, atau protein bar. 
  3. Apabila anda tidak mengikuti olahraga disekolah, anda bisa lakukan olahraga di rumah seperti home workout. Perlu diingat bahwa mengangkat beban TIDAK membuat pendek. Selama lempeng pertumbuhan di tulang masih ada, anda akan bisa tetap tinggi. Namun perlu diperhatikan, karena kekuatan tulang remaja belum terbentuk sempurna, dikhawatirkan apabila mengangkat beban yang terlalu berat dapat mencederai tulang dan merusak lempengan tersebut. Apabila dalam kasus ini, mungkin bisa menghambat pertumbuhan, namun bukan berarti begitu anda mengankat beban, maka akan jadi pendek.
  4. Apabila anda ragu, lakukan exercise yang menggunakan body weight seperti push ups, sit-ups, crunches, back up, pull up, lari, squat, dan masih banyak lainnya.

Apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan sungkan untuk bertanya dan pastikan anda bertanya pada orang yang tepat.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar memperoleh tubuh ideal, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar