Sukses

Batuk Kering

23 Jul 2017, 16:56 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat dok, Seminggu ini keluhan saya sering batuk batuk kering mungkin karena perubahan musim, sudah konsumsi obat apotik tetp saja tak kunjung reda. Ada kebiasaan di daerah saya 'minum kopi hangat dicampur dengan minyak angin (cap kampak)' adalah obat batuk mujarab. Yang jadi pertanyaan. Secara medis berbahayakah? Terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Batuk kering dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk itu perlu diketahui karakteristik batuk tersebut, seperti lama batuk dan pencetus batuk. Selain itu gejala-gejala lain yang menyertai dapat membantu mencari penyebabnya.

Beberapa orang mulai batuk ketika menghirup udara yang panas atau kering. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi dari lingkungan. Batuk kering yang lama biasanya disebabkan oleh iritasi karena asap rokok, iritan-iritan lain, alergi, atau asma. Beberapa penyakit paru kronik juga dapat menyebabkan batuk kering yang lama. Refluks asam lambung pun dapat menyebabkan batuk kering kronik. Biasanya keadan ini disertai gejala-gejala lain seperti rasa panas yang menjalar di dada atau tenggorokan, atau meningkatnya produksi air liur. Penyebab lain adalah influenza, obat-obat jantung atau tekanan darah tertentu, serta infeksi virus biasa.

Jika memang penyebabnya adalah iritasi atau alergi maka perlu dihindari hal-hal yang menimbulkan iritasi (seperti asap rokok) ataupun alergi (seperti debu). Apakah Bapak memiliki riwayat alergi lain, seperti alergi makanan, suka bersin-bersin, mata berair pada keadaan tertentu? Apakah Bapak ada riwayat asma yang dapat juga ditandai dengan napas yang berbunyi ngik-ngik setiap ada serangan atau batuk-batuk yang muncul terutama pada malam hari? Apakah keluarga (orang tua, kakak-adik) yang memiliki riwayat alergi atau asma?

Jika batuk baru saja dialami dan tidak sering berulang, mungkin penyebabnya hanya virus saluran napas atas. Infeksi virus ini dapat sembuh dengan sendirinya. Yang perlu Bapak lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi baik dan teratur serta istirahat yang cukup. Sedangkan untuk mengurangi batuk Bapak perlu banyak dan sering minum. Jika perlu, dapat diberikan obat batuk yang dijual bebas, yang mengandung dextromethorphan (penekan refleks batuk).

Jika batuk berlanjut lebih dari 5 hari, atau sudah mulai disertai dahak yang berwana kuning-kehijauan, sebaiknya Bapak berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Jika ada tanda-tanda infeksi bakteri, dapat diberikan antibiotik untuk melawan bakteri penyebab.

Untuk konsumsi minyak angin, kami tidak merekomendasikannya karena produk tersebut tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar