Sukses

Sakit Pinggang

23 Jul 2017, 15:36 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam, Nama saya Dian Nusantara dan umur 22 tahun. Saya mau tanya ke Dokter Spesialis Tulang. Tadi pagi saya gulung tikar dengan posisi jongkok tiba-tiba pinggan kanan saya langsung sakit (atau bisa bilang encok). Saya jongkok dengan secara paksa dari posisi berdiri sehingga mengakibatkan tulang pinggang saya sakit di posisi kanan. Hasilnya saya kalau mau duduk dan berdiri jadi susah lalu badan harus miring ke kiri supaya tidak sakit. Saya jalan masih bisa jalan tapi badan miring ke kiri dan kaki tetap bisa lurus. Jadi, Dokter, apakah ada cara untuk mengobati hal tersebeut dan kalau bisa saya datang ke spesialis tulang dokter sebelum menjadi lama saya seperti ini. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan Anda sepertinya Anda mengalami cedera pada tulang belakang Anda. Cedera tersebut yang menimbulkan rasa nyeri Anda. Ada beberapa kemungkinan dari cedera tulang belakang ini, bisa dari saraf Anda yang terjepit atau ototnya yang ketarik. Untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perawatannya Anda bisa konsultasi dengan dokter tulang. 

Nyeri punggung dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge (Ketika sudah gejala membaik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar