Sukses

Kaki Cantengan

23 Jul 2017, 14:06 WIB
Pria, 23 tahun.

mlm doktet.. Gimana cara menyembuhkan kaki centangan? sdah 1 bln nda sembuh2...

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Cantengan atau dalam bahasa medis disebut dengan Paronikia merupakan infeksi pada daerah sekitar kuku akibat dari pertumbuhan kuku yang tidak sempurna yang menyebabkan kuku menusuk kulit di samping kuku dan menyebabkan luka.

Cantengan disebabkan oleh bakteri atau jamur yang masuk melalui luka di daerah sekitar kuku yang sudah rusak sehingga menyebabkan terjadinya rasa sakit pada daerah kuku, timbul kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, dan kuku menjadi berwarna kuning kehijauan dan tidak rata. Warna kuning tersebut dapat menandakan telah terjadinya abses atau nanah akibat infeksi di bawah kuku. Darah yang keluar mungkin saja dapat terjadi akibat adanya perlukaan di daerah tersebut.

Apabila Anda mengalami keluhan seperti yang telah kami deskripsikan di atas, maka kemungkinan keluhan tersebut disebabkan karena paronikia.

Ini ada beberapa tips untuk mengatasi cantengan.

  • Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  • Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  • Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
  • Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  • Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).

Jika belum membaik juga, saya menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum untuk mendapatkan terapi dan penanganan atas kondisi terkait yang Anda alami.


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar