Sukses

Geraham Berlubang Dicabut Atau Ditambal

23 Jul 2017, 11:35 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, gigi graham kanan bawah saya berlubang n belakangan ini sering sakit,lebih baik nya di cabut saja atau di tambal ya dok?trz saya jg mau bersihin karang tp gigi graham nya msh sakit gmn ya dok?trz klo pembersihan karang itu di suntik atau tidak

Terimakasih telah bertanya geraham berlubang cabut atau tambal melalui fitur Tanya Dokter.

Idealnya Kita harus berusaha mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang berlubang besarpun tidak perlu buru-buru dicabut karena masih bisa dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan saraf gigi.

Sebelum melakukan penambalan pada gigi yang berlubang, tentunya dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut masih bisa ditambal atau tidak.

Semakin lama gigi berlubang dibiarkan, maka perjalanan karies gigi akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin, pada tahap ini gigi masih dapat ditambal. Jika karies gigi pada tahap ini dibiarkan, maka bakteri akan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi. Jika bakteri sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka akan timbul rasa sakit yang hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahankan gigi tersebut. Bila karies gigi yang sudah mencapai ruang pulpa ini dibiarkan maka lama kelamaan gigi akan keropos dan mati. Pada tahap ini gigi sudah tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut.

Untuk membersihkan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic (scaler). Scaler bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. jadi alat ini yang digunakan untuk membersihkan gigi anda, bukan bur gigi. Dengan cara penggunaan yang benar alat ultrasonic ini cukup aman dan tidak mengikis bagi permukaan gigi dan akarnya. Jika ada bagian yang berdarah artinya di area tersebut terdapat banyak penumpukan karang gigi dan harus dibersihkan sampai tuntas. Memang pembersihan karang gigi kadang menimbulkan rasa ngilu terutama pada gigi yang karang giginya tebal, namun biasanya tidak sampai menggunakan penyuntikan untuk mengurangi ngilunya. Jika pasien benar-benar tidak tahan dengan rasa ngilunya, bisa menggunakan obat bius oles yang dioleskan pada gusi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai geraham berlubang cabut atau tambal, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar