Sukses

Tidak Haid 2 Tahun

23 Jul 2017, 10:30 WIB
Wanita, 21 tahun.

terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk bertanya kpd dokter. dan saya ingin bertanya apkah penyakit saya ini sudah parah atau tidak ??? saya sudah 2tahun tdk pernah datang bulan dan saya sudah bersuami dok bgmn cr mengatasinya n penyakit apa itu terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan seputar telat haid menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda

Penyebab telat haid paling sering adalah kehamilan. Bila Anda riwayat bersenggama sebelumnya sebaiknya Anda periksa kehamilan. Pada pemeriksaan kehamilan bisa saja menimbulkan hasil negatif palsu, dikarenakan sejumlah faktor. Sudahkah Anda mengulangi pemeriksaan kehamilan?

Selain kehamilan, telat haid dapat disebabkan oleh beberapa hal. Siklus haid memang dapat maju dan mundur. Umumnya pada remaja, telat haid disebabkan oleh gangguan hormonal. Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Pasien dengan penyakit infeksi lama
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya

Kondisi yang alami sudah tergolong tidak wajar. Kelainan demikian bisa disebabkan beberapa faktor berkaitan organ reproduksi Anda. Kelainan pada ovarium (indung telur) polikistik merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan kondisi demikian. Kegagalan ovarium dalam memproduksi telur juga bisa menjadi kemungkinan penyebab, hal ini bisa berkaitan dengan indung telur itu sendiri, ataupun struktur lebih tinggi di bagian otak. Menopause juga menyebabkan keluhan serupa, namun tidak terjadi di usia Anda. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Wawancara mendalam terkait onset, gejala lain yang terkait dan kondisi lain perlu dievaluasi. Sejumlah pemeriksaan tambahan juga perlu dilakukan untuk mencari penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi tentang telat haid yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar