Sukses

Kulit Berketombe

23 Jul 2017, 11:04 WIB
Pria, 51 tahun.

Dok sy mai tanya kenapa kulit kepala sy gatel sekali dan berketombe, padahal pagi dan sore sy keramas tapi 3 jam setelah keramas gatal lagi dan sdh coba ganti bbrp merk shampo, tp tdk ada hasilnya.

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih karena telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com


Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. 
Seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu:
·       Kulit berminyak
·       Stres
·       Defisiensi imun (HIV)
·       Kelelahan
·       Kebersihan kulit kepala kurang
Pengobatannya adalah dengan menghindari faktor pencetus dan pemberian obat-obatan. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat mungkin akan membutuhkan tambahan kortikosteroid atau obat jamur oral, namun hal ini hanya diberikan oleh dokter yang memeriksa.
Pemakaian obat ini juga memiliki beberapa efek samping seperti iritasi kulit local, pewarnaan kulit. Jarang terjadi adanya efek kembalinya gejala setelah pengobatan dihentikan seperti kulit kepala berminyak, pewarnaan rambut atau kerontokan rambut. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena penggunaan ini dapat membantu menghilangkan ketombe dan juga mengurangi kerontokan akibat infeksi jamur ini.
Namun, Anda dapat  menghentikan penggunaan selenium sulfide dan hubungi dokter Anda jika mengalami kondisi yang tidak wajar seperti lepuhan parah, gatal, kemerahan, pengelupasan, kekeringan atau iritasi kulit.
Jika setelah pengobatan tidak ada perubahan, sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kulit dan Kelamin untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat
Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar