Sukses

Gigi Anak Kotor Berwarna Kekuningan Apa Dibiarkan Saja?

23 Jul 2017, 10:19 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, anak saya usia 18 bln suka gak mau klo disikat giginya. Apalagi gigi atas nya udah bnyk kotoran nya yg berwarna kekuningan. Apa tidak akan apa2 klo dibiarkan dok? Trima ksh dok sblmnya

Terimakasih telah bertanya seputar gigi anak kotor berwarna kekuningan apa dibiarkan saja melalui fitur Tanya Dokter.

Kerusakan pada gigi bayi atau balita yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Apakah dalam memberikan susu pada anak Anda menggunakan botol dot? Apakah diberikan sampai anak tertidur? apakah diberikan dalam jangka waktu yang lama dan sering menggunakan botol dot? Bagaimana dengan kebersihan giginya? Apakah disikat atau dibersihkan dengan menggunakan sesuai dengan cara yang benar ?. Perlu Anda ketahui bahwa pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam botol dot dalam jangka waktu yang lama atau sering atau sampai anak tertidur adalah suatu kebiasaan yang sangat merusak bagi gigi anak terlebih lagi jika gigi anak tidak terjaga kebersihannya. Kotoran kuning-kuning yang mengumpul di perbatasan gusi itu perlu dibersihkan, dengan agak dikerok. Karena dengan sikat gigi saja tidak akan terangkat. Bila anda mengalami kesulitan, ajaklah anak anda untuk melakukan pembersihan gigi ke dokter gigi. Jika dibiarkan akan menjadi tempat awal mulanya karies gigi/ gigi berlubang.

Sebaiknya konsultasikan keadaannya ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak, kontrol gigi anak sebenarnya direkomendasikan sejak tahun pertama dari usia anak.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi anak kotor berwarna kekuningan apa dibiarkan saja, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar