Sukses

Mengenal Migrain

23 Jul 2017, 10:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sudah 5 hari mengalami sakit kepala dan lebih sering migran di sebelah kanan, dan mengalami mual, perut terasa perih, nafsu mkan hilang, sering bersendawa, sering juga buang angin . gusi sering berdarah, dan malam hari berkeringat dingin, kira kira saya mengalami sakit apa dok, tolong penjelasannya, terimakasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai migrain melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Migrain berupakan nyeri kepala yang ditandai dengan rasa berdenyut, dan umumnya hanya di sebelah kepala. Nyeri kepala migrain lumayan berat sehingga sering disertai mual dan muntah, serta mengakibatkan penderita mengalami gangguan aktivitas. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  • Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju, red wine)
  • Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan Cina dan Meksiko
  • Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)
  • Makanan yang difermentasi
  • Alkohol (red wine)
  • Minuman yang mengandung kafein (softdrink, teh, kopi)

Mual, muntah, sering bersendawa, dan buang angin erat berhubungan dengan saluran cerna. Kondisi ini tidak hanya berkaitan dengan kelainan saluran cerna namun juga makanan yang Anda konsumsi. Makanan bergas, mengandung banyak sulfur, berlemak bisa saja menimbulkan gejala demikian. Kondisi berkaitan dengan saluran cerna, yang paling sering biasanya berkaitan dengan produksi asam lambung. Kondisi ini pun dipengaruhi makanan, dan bisa saja menandakan infeksi saluran cerna. Kondisi Anda tidak bisa ditentukan karena harus dilakukan wawancara dan pemeriksaan. 

Begitupun gusi berdarah, bisa berkaitan dengan banyak hal. Kelainan trombosit, adanya karang gigi, kebiasaan buruk seperti merokok, sikat gigi terlalu keras,dll.

Kami menyarankan Anda untuk lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga. Bila keluhan demikian masih berlanjut, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi yang tepat.

Demikian informasi mengenai migrain kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar