Sukses

Penggunaan Pil KB

23 Jul 2017, 07:43 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok,bagaimana aturan minum pil KB untuk pemula.anak saya skr 11 bulsn dan kami memilih pil kb sbgai alat kontrasepsi untk menunda kehamilan selanjutnya.mohon petunjuk penggunaannya.dan seberapa akuratkah pil kb tersebut? Terima kasih dokter!

Terima kasih sudah bertanya seputar pemakaian pil KB

Salah satu keuntungan kontrasepsi metode pil adalah dapat dihentikan setiap saat, dan kesuburan segera kembali setelah penggunaan pil dihentikan. Untuk memulainya kembali, pil dapat dimulai pada hari kapan saja asalkan tidak hamil. Oleh karena itu, waktu yang baik untuk memulainya adalah setiap saat selagi haid, yaitu hari pertama hingga hari ke7 siklus Haid. Untuk mencapai efektivitasnya, pil diminum setiap hari, lebih baik pada saat atau jam yang sama setiap harinya.

Secara umum pil KB terbagi menjadi dua, mengandung 2 jenis hormon dan satu jenis hormon (minipil). Sebelum memulai pil KB maka Anda perlu mengetahui kondisi apa saja pil KB tidak dianjurkan. Umumnya minipil boleh digunakan hampir di semua kondisi. Sementara pil yang berisi gabungan, memiliki kandungan estrogen yang tidak boleh diberikan pada pasien dengan hipertensi, riwayat stroke, masalah pembuluh darah, tumor organ reproduksi wanita, dll. Lebih baik bila Anda memeriksakan terlebih dahulu sebelum memilih pil KB,

Perlu diketahui juga bahwa pil KB kadang bisa mengakibatkan perdarahan, umumnya akan menghilang setelah 3 bulan. KB yang dibuat memiliki angka keberhasilan yang tinggi. Angka kegagalan masih ada, namun sangat kecil sekitar 2-8%. 

Sebaiknya berdiskusilah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memilih metode KB yang tepat buat Anda.

Demikian informasi mengenai pil KB dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar