Sukses

Flek Setelah Operasi Sesar

23 Jul 2017, 08:56 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok, 23 mei 2017 saya melahirkan secara caesar tetapi sampai sekarang masih mengeluarkan darah. Awalnya darah yg keluar normal sepeti haid tapi makin kesini darah nya cair seperti air kencing sudah konsultasi dan di beri obat oleh dokter tetapi tetap keluar darah. bagaimana ya dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu:

Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
Penggunaan kontrasepsi oral
Ketidakseimbangan hormon
Infeksi pada alat kelamin
Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
Kanker serviks
Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
Hiperplasia endometrial
Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)
Selain itu flek-flek coklat juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Berat badan kurang atau berlebih memang dapat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon pada wanita, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan gangguan menstruasi sampai gangguan kesuburan. Stres dan aktifitas fisik terlalu berat juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal. Kapan Anda melakukan prosedur operasi caesar? apakah saat ini sedang menyusui?

Jika ingin menurunkan berat badan, berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit, menghindari makanan berlemak, mengurangi waktu di depan TV (2 jam sehari) berdasarkan penelitian dapat mengurangi risiko kegemukan setelah melahirkan sebanyak 77%. Berat badan Ibu sendiri sebenarnya akan turun alami dengan proses menyusui. 

Jangan menurunkan berat badan lebih dari 1/2 -1 kg/minggu. Hal ini disebabkan masa pasca-kehamilan adalah masa pemulihan, jadi zat-zat tertentu masih diperlukan dalam jumlah banyak. Apabila Ibu boleh berolahraga (tidak ada kelainan sewaktu melahirkan dan diijinkan oleh dokter kebidanan), maka mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti jalan kaki yang saya sebutkan di atas. Kombinasi diet dan olahraga akan lebih baik dibandingkan diet atau olahraga saja.

Berikut kami lampirkan artikel yang berkaitan dengan masalah Anda:

Berolahraga Setelah Melahirkan
Turunkan Berat Pasca Melahirkan
Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar