Sukses

Pusing Berputar

23 Jul 2017, 07:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya beberapa bulan belakangan ini suka sakit kepala kaya muter gitu bisa kira kira 2 menit yang bener bener pusing. Abis itu ilang ngga sakit lagi. Tapi ngga pasti bisa dalam seminggu 1 kali. Atau pernah ngga sakit sakit lagi kepalanya. Tapi klo udah sakit sampe harus yang di ajak tidur gitu soalnya bener bener ngga bisa jalan bisa jatoh klo dipaksain. Mau tanya itu kenapa yaa?? Saya belom sempet konsult ke dokter.

Terima kasih sudah bertanya mengenai pusing berputar melalui fitur Tanya Dokter

Kondisi pusing berputar disebut sebagai Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar. Hal ini terjadi karena adanya"mismatch" informasi dari beberapa organ tubuh yang berfungsi melaporkan posisi kepala atau tubuh. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak, contohnya pada kasus stroke
  • Vertigo perifer. Gangguan ini terjadi pada organ keseimbangan di telinga bagian dalam. Penyebabnya pun bermacam-macam. Sebagian besar kasus vertigo merupakan tipe perifer, ditandai dengan mual dan muntah, dan beberapa tanda lain yang bisa diperhatikan saat pemeriksaan dengan dokter. Vertigo perifer bisa dipengaruhi posisi, atau disertai tuli. Kondisi yang Anda alami mengarah pada vertigo yang dipengaruhi posisi, memang keluhannya hanya sebentar namun bisa muncul beberapa kali. Anda bisa coba analisa, kapan biasanya keluhan muncul apakah saat menoleh ke kiri, kanan, atau atas. Maka Anda bisa melatih diri untuklebih perlahan-lahan dalam melakukan gerak tersebut. 

Saya menyarankan Anda untuk tetap mengunjungi d dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter bisa memastikan tipe vertigo Anda dan memberikan terapi yang sesuai, serta meberikan rekomendasi aktivitas untuk meringankan gejala. 

Demikian informasi mengenai vertigo kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar