Sukses

Tonjolan di Punggung Bawah

23 Jul 2017, 07:41 WIB
Wanita, 11 tahun.

Siang dok,. Saya mau tanya,saya mempunyai riwayat penyakit skoliosis dan saudara saya pada punggung bagian bawah menonjol bagian kiri. Apakah itu juga termasuk penyakit skoliosis? Gimana cara mengatasinya agar tidak terlanjur parah dok?

Terima kasih sudah bertanya seputar tonjolan bagian bawah tulang melalui fitur Tanya Dokter

Skoliosis adalah tulang belakang yang membengkok ke samping. Skoliosis dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, di bagian leher (cervical), punggung (torakal), atau pinggang (lumbal). Skoliosis torakal merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Skoliosis sebagian besar mulai disadari pada usia remaja dan terkadang disertai keluhan seperti nyeri punggung atau pegal yang tidak kunjung hilang ataupun tidak memiliki keluhan sama sekali.

Skoliosis ditandai berupa bahu yang tidak simetri, tubuh seperti meliuk, nyeri, bahkan kesulitan bernapas bila derajar kemiringannya parah. Jarang sekali skoliosis berkaitan dengan tonjolan tulang. Skoliosis sering menimbukan keluhan nyeri terutama bila duduk atau berdiri terlalu lama, hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan struktur dan kerja otot, persendian kaku, atau terjepitnya syaraf.

Tonjolan di area punggung belakang bisa saja diakibatkan tonjolang tulang, atau pembengkakan dari struktur sekitarnya. Tidak semua tonjolan tulang pun merupakan kelainan. Pada orang yang terlalu kurus maka bisa mengakibakan tulang lebih menonjol. Kondisi lain misalnya masalah pada tulang belakang yang mengakibatkan pergeseran.

Derajat skoliosis dapat diketahui dengan pemeriksaan fisik dan X-Ray berbagai posisi sesuai rekomendasi Dokter. Apabila derajat skoliosis lebih berat atau sudah menimbulkan keluhan, maka dapat dipertimbangkan penggunan orthosis (alat penyangga) ataupun operasi. Indikasi dilakukannya operasi pada skoliosis adalah :

Kami sarankan Anda menemui dokter atau Dokter Spesialis Bedah Tulang/orthopedi untuk mengkonfirmasi benjolan tersebut, apakah betul beasal dari tulang ataupun tidak.

Demikian informasi seputar tonjolan bagian tulang punggung bawah. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar