Sukses

Masa Nifas Lebih Dari 40 Hari, Normalkah?

23 Jul 2017, 03:41 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya melahirkan secar tanggal 1 juni 2017 2 minggu pertama nifas saya sedikit 3 minggu kedua nifasnya bnyak skali sampai hari ke 43,dan sudah hampir 51 hari mash keluar darah,, jika lansung haid masa sampai 51 hari ,saya mau tanyakan itu normal atw tidak? Sebenarnya nifas pda mlarirkn secar jangka berapa lma? Apa seperti yng melhrkan normal? Jd saya tidak kunjung pkai kb,soalny saya binggung nifas atw haid tidak selesai selesai sampai sekarang

Terimakasih telah bertanya tentang masa nifas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Rata-rata masa nifas ini berlangsung hingga 40 hari.

Masa nifas yang memanjang bisa disebabkan oleh sisa-sisa jaringan saat melahirkan, infeksi, organ-organ tidak kembali ke bentuk semula secara sempurna, dan gangguan pembekuan darah.

Merujuk kepada rentang masa nifas yang bisa berlangsung 6 sampai 12 minggu, yang Anda alami masih mungkin normal. Namun demikian, bila Anda rasa bahwa darah yang keluar justru semakin banyak, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda. Untuk menentukan penyebabnya perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar masa nifas. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar