Sukses

Ibu Hamil Dengan Gangguan Jantung

22 Jul 2017, 21:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Mlm dok, saya dhea umur saya 25thn, saya sedang hamil 37 weeks.permasalahannya saya memiliki gangguan pada klep jantung. Dr yg menangani saya skrg bilang bahwa klep jantung saya tergeser sedikit tapi fungsi jantung saya masih bagus dan normal. Saya mau nanya dalam kasus seperti ini saya harus melakukan persalinan cesar ato bisa normal? Dr. Kandungan saya belum memutuskan apakah bisa normal ato tidak. Padahal kemarin saya dibilang bahwa ketuban saya sedikit. Saya sangat gelisah dan khawatir, dicampur bingung apa yg mesti saya perbuat karena persalinan saya sebentar lagi.dikarenakan hal seperti ini membuat fikiran saya terganggu menjadi takut akan melahirkan. Bagaimana cara saya mengatasi ini dok. Saya minta tolong bantuannya ya dok, terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai ibu hamil dengan gangguan jantung melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya ibu hamil dengan gangguan jantung lebih berisiko untuk lahir normal. Apakah Anda sering merasakan sesak napas sebelumnya? Bagaimana dengan aktifitas Anda sehari-hari?

Seiring pertambahan usia kehamilan, dengan adanya kelainan jantung ini maka Anda tidak mampu memompa darah untuk mencukupi seluruh kebutuhan tubuh sehingga akan sering merasakan lelah. Jika sampai mengalami kelelahan, ibu akan lebih mudah sesak nafas. Ini bisa dimaklumi, karena denyut jantung dan volume darahnya selama hamil mengalami peningkatan. Akibatnya, beban kerja jantung meningkat pada setiap kontraksi rahim dan jika sesak ditemui maka dapat berdampak kekurangan oksigen pada janin. Oleh karena itu, ibu hamil dengan kelainan jantung membutuhkan waktu istirahat lebih banyak.

Mengetahui informasi yang Anda sampaikan, tidak perlu gelisah dan khawatir untuk saat ini. Bersikaplah tenang karena stress juga dapat mempengaruhi keberadaan janin. Yang terpenting anda menjalani beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan seperti:

-Makanlah dengan lebih teratur. Tepat waktu. Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
-Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
-Jangan diet selama masa kehamilan. Orientasi orang pada istilah diet adalah mengurangi porsi makan. Diet yang dimaksud disini adalah merubah asupan nutrisi dari porsi yang sudah ada, menjadi lebih berkualitas. Bukan mengurangi jumlah porsi makanan.
-Makanlah dengan porsi pas. Tidak berlebihan, dan tidak kekurangan. Makan dengan jumlah porsi kecil namun dengan dalam intensitas sering merupakan cara yang lebih baik.
-Konsumsi vitamin untuk ibu hamil secara teratur.
-Minum air yang cukup.
-Perhatikan keseimbangan gizi mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran.

Zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil antara lain:

1. Makanan dengan kalori tinggi. Setiap wanita hamil membutuhkan peningkatan sekitar 300 kalori/hari.

2. Protein. Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram protein/hari. Peningkatan kebutuhan kalori ini dapat dipenuhi dengan meningkatkan makanan yang kaya akan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, telur, susu, keju, kacang-kacangan, tempe, tahu, dll

3. Asam folat. Ibu hamil membutuhkan 600 mg folat/hari. Asupan asam folat ini dapat diperoleh dari suplementasi asam folat atau dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, asparagus, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan, roti gandum, dll. Asupan asam folat ini penting untuk mencegah cacat pada otak dan tulang belakang janin.

4. Zat besi. Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi/hari. Asupan zat besi ini dapat diperoleh dari suplemen, ataupun dari daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan, dll.

5. Zinc. Ibu hamil dengan kadar zinc yang rendah dalam makanannya berisiko untuk melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah. Zinc dapat ditemukan secara alami pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan lainnya.

6. Kalsium. Kebutuhan kalasium ibu hamil adalah sekitar 1000 mg/hari. Kalsium ini dapat diperoleh dari susu, keju, yogurt, dll.

7. Vitamin. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dengan dosis:

Vitamin A : 770 mcg/hari
Vitamin B : 1,4 mg/hari
Vitamin C : 85 mg/hari
Vitamin D : 5 mcg/hari
Vitamin E : 15 mg/hari

Apabila Anda mengalami keluhan berlanjut, segeralah berdiskusi dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

0 Komentar

Belum ada komentar