Sukses

Gigi Bungsu Impaksi Apa Perlu Dicabut?

22 Jul 2017, 22:09 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya soal gigi bungsu ke 3, gigi bungsu saya ke 4 empatnya mengalami impaksi dok tapi yang atas tumbuh normal cuman gak nongol masih ada dalam gusi, lah kemarin pas konsultasi ke dokter bedah dia nyaranin satu dulu di ambil tapi saya pikir kalo satu bukannya nanti misal sakit lagi repot ya dok mesti cabut lagi jadi saya pikir mau ambil semuanya cuman bingung yang gigi atas itu apa perlu dicabut gak kalo gal dicabut bahaya gak dok? Tolong jawab ya dok

Terimakasih telah bertanya seputar gigi bungsu impaksi apa perlu dicabut melalui fitur Tanya Dokter.

Perlunya gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan untuk dicabut meliputi beberapa alasan, yakni:

- Kebersihannya sulit dijaga sehingga akan mudah sekali terjadi karies atau lubang gigi dan infeksi. Hal ini disebabkan karena gigi tersebut terletak jauh dibelakang dan ruang tempat gigi tersebut sempit sehingga terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi, terlebih jika menggunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang besar.
- Membahayakan kesehatan gigi geraham sebelahnya, yaitu gigi molar dua, karena biasanya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Terkadang, posisi yang tidak benar dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makan yang sulit dibersihkan sehingga menimbulkan risiko gigi molar dua yang berlubang.
- Gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan rentan untuk mengalami penyakit gusi karena bakteri. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan rongga mulut dan kesehatan tubuh.
- Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat disertai kista atau tumor yang dapat merusak tulang rahang dan saraf.
- Dapat mengganggu dalam proses perawatan orthodontik atau kawat gigi

Bila Anda mengalami gangguan pertumbuhan gigi geraham bungsu, baik dengan keluhan atau tidak, maka tidak ada salahnya untuk dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi bungsu impaksi apa perlu dicabut, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar