Sukses

Sinusitis Sering Kambuh?

22 Jul 2017, 21:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter saya sakit sinusitis,klu kena AC mobil,itu koq sering kumat , hidung kesumbat,rasanya kepala pening,dan meski sudah sembuh,knp sering kambuh ya dok? terimakasi

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai sakit sinusitis sering kambuh melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sinusitis merupakan infeksi yang menyerang rongga di wajah. Sinusitis umumnya merupakan akibat dari penyebab lain yang berujung kepada terjadinya sinusitis. Kondisi Anda yang sering bersin di pagi hari bukanlah kebiasaan buruk, kondisi tersebut disebut dengan Rinitis Alegi. RInitis alergi adalah gejala hidung berair, bersin > 3-5x berturut-turut, rasa gatal dan terseumbat pada hidung disertai dengan lendir jernih dikarenakan faktor alergi.

Rinitis alergi merupakan faktor risiko dari sinusitis. Jadi sebenarnya yang perlu disembuhkan adalah penyebabnya, dalam data yang Anda berikan salah satu faktor risiko penyebab adalah rinitis alergi. Penyebab lainnya bisa karena infeksi hidung, polip, tumor, infeksi gigi, atapun kelainan pada struktur rongga hidung.

Yang perlu diingat pada terapi sinusitis, tidak boleh lupa mengobati penyebabnya.

Sekitar 60% penderita sinusitis tidak perlu menemui dokter karena kebanyakan kasus yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kondisi ini lebih lama dibandingkan pilek. Jika Anda menderita sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan akan membantu mengurangi gejala yang timbul.

Periksakan pada dokter jika gejala tidak membaik setelah seminggu memulai pengobatan, memburuk atau terus-menerus kembali. Dalam kasus seperti ini, antibiotik dan steroid semprot atau tetes mungkin akan diresepkan oleh dokter. Untuk kasus sinusitis yang parah, ada kemungkinan dibutuhkan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus dan juga fungsi drainase-nya. Operasi hanya disarankan jika pengobatan lainnya gagal memberikan hasil.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar