Sukses

Flek Coklat Sebelum Haid, Hamilkah?

22 Jul 2017, 16:46 WIB
Wanita, 29 tahun.

Halo siang dok ... mau tanya ni... saya jadwal haidnya sharusnx tgl 25 . tapi ini kok tanggal 20 pas saya BaK ada setitik dara wrna pink di celana... lalu saya pikir mau haid... na sore nya saya BAk sya liat kok keluar agk cairan drah cokat tipis....disetai perut keram bagian bawah, tidak ada Nyeri Pd, tdk ada mual,Hanya pusing na pas tgl 22 saat saya BAk di Cd saya liat masih ada flek coklat tipis agk kemrahan terus saya coba lap pake tissue.. ada darahnya lumayang agk bnyak wrna merah segar agk kecoklatan dan ada gmplan darah sedkit yg menmpel di tissue... mau bilang aku haid Tapi kok tidak keluar deras kaya darah haid ya dan tglnx tdk tepat....... sore nya Aku TestPec hasilnya (-) dok mohon bantuan ya dok. soalmx pagi harep banget ni

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai flek coklat melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya keluhan Anda belum dapat kami pastikan penyebabnya. Namun keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting dan hal hal berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu:

-Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
-Penggunaan kontrasepsi oral
-Ketidakseimbangan hormon
-Infeksi pada alat kelamin
-Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
-Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
-Kanker serviks
-Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
-Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
-Hiperplasia endometrial
-Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar