Sukses

Pasca Kuret Test Pack Positif?

22 Jul 2017, 21:18 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya baru saja melakukan kuret. Tiba-tiba teman saya bertanya pada saya apakah hasil test pack saya skrg sudah negative ? Karena dia juga ternyata habis kuret dan 2 minggu setelah kuret darahnya sudah berhenti tapi masi positif (kata dokternya sih karsna saat kuret belum bersih).. jujur saya jadi takut untuk test pack karena kmrn habis kontrol dokter sudah bersih kata dokter. Dan pernah denger cerita juga kalau misal ada temen kantor yang abis keguguran test pack masih positif. Wajarkah itu dok? Itu kenapa ya? Dan apakah setelah kuret dan darah berhenti saya harus melakukan test pack? Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami perlu mengetahui, untuk alasan apa Anda menjalani kuret? Sudah berapa lama kehamilan tersebut berlangsung sebelum dilakukan kuret? Bila kehamilan tersebut sudah sempat berusia 2 hingga 3 bulan, maka tentunya hormon Beta HCG sudah terbentuk dalam jumlah banyak dalam tubuh Anda (dihasilkan oleh pertumbuhan dinding pelapis rahim). Adanya hormon Beta HCG inilah yang memberikan hasil positif pada test pack. Bila hormon ini telah banyak, tentunya masih akan menghasilkan hasil seperti yang Anda dapatkan.

Saat Anda melakukan kunjungan kembali ke dokter spesialis kandungan tersebut, sudahkah dilakukan pemeriksaan USG misalnya lewat perut maupun lewat vagina? Bila sudah, maka menurut kami pemeriksaan ini lebih dipercaya untuk mendiagnosis adanya kehamilan, karena tanda-tanda tersebut objektif dan berdasarkan bukti. Kami tidak bisa berkomentar atas diagnosis kehamilan yang disebutkan oleh bidan kampung tersebut karena Anda tidak menyebutkan cara beliau dalam memeriksa ada atau tidaknya kehamilan.

Bila sudah dilakukan kuret, sesungguhnya agak tidak mungkin masih tersisa kehamilan sebab proses kuret berusaha 'menghabiskan' isi rahim, dan kecil kemungkinan masih tersisa kehamilan setelah dilakukan kuret. Oleh sebab itu, bila Anda masih belum yakin maka lakukanlah pemeriksaan USG ulangan untuk memastikan apakah terdapat kehamilan atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar