Sukses

Mengatasi Ambeien

22 Jul 2017, 17:20 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, bagaimana cara mengatasi ambeien dan melenyapkannya hingga ke akar - akarnya?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar ambeien melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum mengobati, tentu diagnosis harus terlebih dahulu ditegakkan, apakah benar bahwa benjolan anus yang Anda alami adalah benar sebuah wasir atau bukan. Izinkan kami menjelaskan tentang apa itu wasir atau hemorrhoid.

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

. Untuk menghindari munculnya wasir yang harus Anda hindari adalah hindari mengedan terlalu lama saat BAB dan menahan BAB, banyak konsumsi air putih (8 gelas perhari), konsumsi sayur dan buah, rendam bokong di dalam air hangat jika sedang muncul wasir, hindari makanan pedas.

Hemoroid juga akan dibagi lagi berdasarkan derajat keparahannya. Hemoroid derajat ringan tidak memerlukan operasi, tetapi hemoroid derajat yang sedang hingga berat memerlukan tindakan operasi. Oleh karena itu, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ambeien, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar