Sukses

Penyebab Mata kering

22 Jul 2017, 14:53 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat pagi dok. Akhir-akhir ini mataku sering sekali kering dan perih. Mataku memang sensitif terhadap air dan angin, tapi jika terkena air jadi berkali-kali lipat lebih perih. Kadang juga suka perih sendiri meski tidak ada angin. Di mobil juga jadi lebih mudah kering. Padahal sebelumnya tidak seperti itu. Kl dipejamkan terasa panas. Bagaimana biar tidak seperti itu lagi? Karena sangat mengganggu terutama ketika mengemudi. Lalu kl obat tetes mata ada keterangan jangan digunakan setelah satu bulan dibuka. Apa benar memang tidak boleh digunakan? Kenapa? Makasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mata kering melalui fitur Tanya Dokter.


Mata kering bisa disebabkan oleh 3 hal yaitu, berkurangnya produksi air mata, kualitas air mata yang tidak baik, dan sumbatan pada saluran air mata. Usia dan lingkungan juga memengaruhi air mata. Paparan terhadap udara dingin, rokok, polusi udara, alergi, obat-obatan tertentu, lensa kontak, dll dapat menyebabkan mata kering.

Untuk mencegah mata menjadi kering, anda dapat lakukan langkah-langkah berikut :

  • Menggunakan obat tetes mata berupa artifical tears yang tidak mengandung pengawet. Ini membantu mengurangi keluhan yang dialami oleh penderita mata kering.
  • Memakai kacamata hitam dengan UV-filter ketika beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari angin dan pengaruh sinar ultraviolet di terikmatahari.
  • Atur kelembaban rumah antara 60% - 80%
  • Mengompres mata dengan air hangat
  • Jangan menahan berkedip. Menutup mata selama 10 detik setiap 10 menit akan memberikan rasa nyaman pada mata.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mata kering, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar