Sukses

Penyakit Rematik

22 Jul 2017, 12:20 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya sering mengalami sakit dan ngilu di punggung, tangan dan kaki ketika bangun pagi, terutama punggung. Dulu tahun 2011 saya pernah periksa darah di laboratorium atas suruhan dokter ortopedi. Hasilnya, kata dokter tersebut saya mengalami gastritis, anemia dengan hb 8, rematik dan pengapuran tulang. Padahal saya senang minum susu. Apa mungkin sakit saya itu karena rematik? Bagaimana cara menanganinya? Terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyakit rematik melalui fitur Tanya Dokter

Alangkah lebih baik apabila anda mencantumkan hasil pemeriksaan anda, karena kami tidak dapat menilai kondisi anda tanpa mengetahui nilai-nilai laboratorium yang anda miliki. Penyakit rematik adalah penyakit autoimun, dimana kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri. Rematik dapat menyerang berbagai organ ditubuh seperti jantung dan persendian. 

Penyakit rematik yang menyerang persendian disebut rheumatoid arthritis. Penyakit ini menyerang beberapa sendi, dan biasanya sendi-sendi kecil seperti jari-jari tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Tanda lainnya adalah bisa terdapat ruam kemerahan di wajah, demam, kaku sendi dan badan lemas. 

Apakah anda mengalami kaku sendi meleibihi 1 jam di pagi hari? Apakah terdapat nyeri sendi di kedua ekstremitas (tangan kanan dan kiri/kaki kanan kiri) ? 

Apabila benar karena rematik, maka anda harus rutin mengonsumsi obat-obatan yang memang dikhususkan untuk penyakit ini seperti obat anti rematik, kortikosteroid, anti radang, fisioterapi, dan konsumsi tinggi kalori dan vitamin sangat dianjurkan.

Untuk memastikan penyakit anda, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan terhadap rematik anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyakit rematik, Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar