Sukses

Kemerahan di Sela Kaki, apakah Kutu Air?

22 Jul 2017, 10:41 WIB
Pria, 22 tahun.

dok saya mau tanya, kaki saya terkena kutu air,, tidak sembuh-sembuh sampai 4 bulan... saya mau tanya bagaimana cara perawatannya? kulitnya terus mengelupas dan tumbuh lagi lingkaran-lingkaran kecil gatal... biasanya saya membersihkan dengan air hangat diberi belerang... tapi saya rasa tetap saja dan tidak berhasil... mohon bantuannya

Terima kasih telah bertaya mengenai kutu air melalui fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

Keluhan di kulit kaki dengan tampakan seperti kutu air dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis kontak , infeksi jamur, atau infeksi lain.

Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan). Keluhan dermatitis pada sela jari kaki sering berkaitan dengan paparan benda atau zat kimia di area tersebut. Kondisi demikian disebut sebagai dermatitis kontak. Berdasarkan zat yang mengakibatkan keluhan demikian, maka bisa dibagi menjadi dermatitis kontak alergi dan iritan. Zat iritan seperti sabun cuci, shampoo, zat kimia tertentu sering bekaitan dengan kondisi ini.


Infeksi jamur pada kaki, seringnya disebabkan oleh kondisi yang disebut Tinea, ditandai dengan keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol. Dapat terjadi penebalan kulit pada infeksi yang sudah berlangsung lama. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan agar penyakit tidak mudah kambuh.

Namun karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kutu air. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar