Sukses

Mata Lelah

22 Jul 2017, 07:27 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya soal mata, begini dok mata saya akhir" ini sering sakit kayaq perih gitu awalnya saya kira cuma sakit mata biasa saya langsung tetesin mata saya pakai obat mata tapi kenapa lama kelamaan mata saya sakit lagi kalau liat tulisan dekat terus rasanya dia kayaq tegang gitu mata saya terus kepala saya sakit kalau udah liat tulisan trus liat cahaya agak ada bayang".a gitu sama juga kalau liat tulisan rasanya ada yang menjanggal gitu rasanya mata saya kayaq ada bayang" di bilang mines tapi masih bisa liat jelas tulisan dari dekat dan jauh cuma itu dok klau udh liat tulisan mata rasanya sakit,tegang, dan kepala sakit banget itu kenapa ya dok...? Makasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang mata lelah dan mata minus melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang Anda alami bisa merupakan tanda dari sindroma mata lelah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keluhan mata kering / berair, pandangan kabur / ganda, sensitif terhadap cahaya, gangguan konsentrasi, dan nyeri pada leher / bahu / punggung.

Kondisi ini dapat timbul karena pada saat menatap layar komputer atau membaca. Mata cenderung untuk tidak berkedip. Normalnya, mata biasanya berkedip hingga 18 x per menit. Jangan lupa untuk membuang pandangan selama minimal 5 menit setiap 2 jam paparan Anda di depan layar komputer atau membaca buku untuk menghindari mata lelah. Membuang pandangan dimaksudkan untuk mengistirahatkan mata anda sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

Di samping itu, keluhan yang Anda alami juga bisa disebabkan oleh mata minus atau rabun jauh (miopia).

Tanda yang paling jelas pada kondisi ini ialah buram atau penurunan tajam penglihatan saat melihat objek yang jauh. Berat ringannya miopia dapat diperiksa secara manual dengan diagram Snellen atau secara otomatis dengan mesin.

Secara umum, pada mata yang minus, sistem optik terlalu 'kuat' dalam membiaskan cahaya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Ini terjadi karena kornea, lensa mata terlalu cembung, atau bola mata terlalu panjang.

Bila Anda merasa memiliki mata minus, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter mata. 

Bila keluhan Anda tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter mata. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata lelah dan mata minus. Semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar