Sukses

Proses Penyembuhan Luka, Berapa lama?

22 Jul 2017, 04:43 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya, januari thn 2017 saya pernah mengalami kecelakaan motor yang menyebabkan saya harus dijahit di bagian bibir. pipi saya pun waktu itu bengkak besar dan ada bagian kulitnya terkelupas. pertanyaan saya, sudah lima bulan sejak kejadian tapi di bibir saya masih ada benjolan keras kecil yang membuat bibir saya masih sedikit turun kebawah. di bagian pipi saya (padahal tidak dijahit) bengkaknya pun masih ada dan masih sakit sampai sekarang, walau tidak sebesar dulu. benjolan yang di bibir saya apakah memang harus seperti itu kalau setelah dijahit? lalu pipi saya kenapa tidak kunjung sembuh dok? bagaimana ya cara menghilangkannya? karena jujur sebagai perempuan, ini sangat mengganggu penampilan wajah saya. terima kasih banyak, Dok.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai penyembuhan luka menggunakan fitur Tanya Dokter.

Penyembuhan luka dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung dalam menentukan penatalaksanaan, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar