Sukses

Siklus Haid Memendek

22 Jul 2017, 06:18 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, saya remaja yang berumur 15, dan saya haid pada umur 12 tahun, tapi saya mengalami siklus haid yang pendek yaitu hanya 20 hari, biasa nya saya mengalami haid selama 4-5 hari, dok. Itu termasuk normal apa tidak ya, Dok. saya takut jika terkena penyakit serius. Terima kasih, mohon bantuannya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kami menduga Anda saat ini mengalami polimenorea. Polimenorea adalah suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar mendapat penanganan selanjutnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar