Sukses

Cara Mengatasi Sulit Tidur Malam

22 Jul 2017, 04:42 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat siang dok. Saya mengalami masalah dalam tidur akibat kebiasaan buruk saya, yang membuat mata saya tidak merasa kantuk saat malam hari dan malah sebaliknya disiang hari sering merasakan kantuk yang berlebih, sehingga saya sering tak tahan menahan kantuknya hingga saya banyak menghabiskan di tidur siang bahkan 8 jam lebih. Saat disiang haripun saya sering merasa tidak lapar di jam-jam biasa saat waktu makan, tapi sebaliknya malam hari bahkan saya sering merasa lapar apalagi saat tengah malam. Saya seolah merasakan bahwa dunia ini terbalik, siang jadi malam dan malam jadi siang. Mohon pencerahan untuk saya dokter. terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan tidur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Secara umum, tidak ada masalah bila melakukan tidur siang. Tidur adalah proses relaksasi dan pengembalian tenaga bagi tubuh. Tidur yang cukup justru memiliki efek yang baik untuk kebugaran Anda dalam melakukan aktivitas pasca terbangun kembali.

Namun perlu Anda perhatikan, bila Anda sulit tidur malam hari dan menggantinya dengan tidur siang, maka siklus sulit tidur malam hari akan terjadi terus menerus. Bagaimanapun, untuk seorang pekerja yang mulai beraktivitas pagi hari, tentunya istirahat malam yang cukup dan lelap adalah pengembali tenaga yang baik. Untuk itu kami sarankan agar Anda dapat memutus siklus sulit tidur malam, cobalah untuk menahan tidak tidur siang. Tips lain yang dapat Anda lakukan agar dapat tidur malam hari:

-Mencukupi makan malam Anda
-Membaca sebelum tidur
-Menghindari stres serta tidak memikirkan masalah berlarut-larut
-Menghindari konsumsi kafein
-Beraktivitas sebelum tidur malam hari, tujuannya agar badan lelah dan cepat tertidur

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar