Sukses

Penis Selalu Tegang, Normalkah?

22 Jul 2017, 04:43 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya,dulu waktu saya umur smp 2 penis saya selalu tegang sampai sampai suatu sat saya tekan trus sampai berbunyi prek lalu saya lepas karena takut jadi tidak saya ap"kan. Tapi dari yang saya cari di internet apabila terdengar bunyi prek ada bekas warna ungu. Sampai sekarang saya blm pernah merasakan rasa sakit atau apapun,tapi waktu ereksi jadi sementara apa itu normal dok. Itu dulu pertanyaan saya dok. Terima kasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar penis tegang menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah kejadian yang Anda alami ini hanya terjadi di pagi hari? adakah keluhan penyerta lainnya?

Pada dasarnya, hampir semua laki-laki akan mengalami ereksi saat terbangun di pagi hari. Sebenarnya ereksi ini tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan juga terjadi beberapa kali tanpa disadari selama tertidur malam harinya. Mengapa demikian?

Penis dapat mengalami ereksi sebagai respon terhadap rangsangan seksual, akan tetapi dapat pula terjadi sebagai respon terhadap kondisi relaksasi yang dalam, seperti saat periode tidur dalam yang disebut REM (Rapid Eye Movement) di mana seseorang akan mengalami mimpi. Karena alasan tersebut ereksi juga dapat terjadi berkaitan dengan mimpi yang sifatnya merangsang. Adapun mekanisme terjadinya masih belum diketahui dengan pasti, akan tetapi umumnya laki-laki akan mengalami empat interval tidur REM setiap malamnya, disertai ereksi yang dapat bertahan selama 20-30 menit. Inilah sebabnya apabila kemudian terbangun setelah tidur REM, laki-laki umumnya akan mendapatkan penisnya sedang mengalami ereksi.

Ereksi di pagi hari (Morning Erection) atau dalam bahasa medis disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT)merupakan ereksi penis secara spontan ketika tidur. Semua laki-laki tanpa disfungsi ereksi psikologis mengalami fenomena ini, umumnya antara 3-5 kali sepanjang malam. NPT umumnya terjadi selama fase tidur REM. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir.

Namun, Jika keluhan mengganggu aktifitas Anda sehari-hari, tidak ada salahnya Anda menemui dokter Urologi guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar