Sukses

Upaya Menyembuhkan Halitosis Kronis

21 Jul 2017, 23:04 WIB
Wanita, 13 tahun.

Halo dok, sy mau bertanya seputar Halitosis (bau mulut). Ini satu2 penyakit sy yg sangat menggangu di kegiatan sehari-hari. Halitosis juga mengahambat sy untuk beradaptasi di lingkungan baru karena sy memiliki rasa tdk percaya diri. Apakah halitosis ini bisa berpengaruh karena faktor genetik? Soalnya sy rasa, org tua sy juga mengidap Halitosis. Penyakit ini membuat sy malu, sehingga teman2 sy menjauh ketika sy berbicara. Sy sudah berolahraga dan makan makanan sehat agar melancarkan pencernaan,namun tdk ada hasil. Sy sudah tambal gigi yg berlubang,tpi tdk ada hasil. Sy sdh coba menggunakan pembersih lidah,ttp tidak ada hasil. Bahkan, sy rajin menyikat gigi dan memakai obat kumur pun tetap tdk ada hasil. Sy tdk punya asam lambung dok. Sy rasa halitosis saya ini sdh kronis dok. Sy sedih karena tdk ada yg mau mendekati sy karena halitosis kronis ini dok. Saya minta saran dri dokter, cara menyembuhkan halitosis kronis ini bagaimana? Atau adakah obat kumur yg benar2 ampuh? Soalnya sy merasa halitosis ini sudah lama mengganggu saya. Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar upaya menyembuhkan halitosis kronis melalui fitur Tanya Dokter.

Memang tidak ada obat spesifik yang bisa menyembuhkan bau mulut (halitosis). Satu-satunya jalan adalah dengan menemukan dan menghilangkan penyebabnya. Jika faktor lokal sudah diatasi namun masih terdapat bau mulut, kita dapat mencurigai ke faktor sistemik.
Terdapat beberapa penyakit sistemik yang dapat menyebabkan bau mulut, misalnya penyakit saluran pernafasan seperti Pneumonia, Bronchitis, Infeksi Sinus Kronis, Post Nasal Drip, Diabetes, Acid Reflux Kronis, Liver dan penyakit Ginjal. Selain itu ada baiknya memeriksakan diri untuk tes alergi. 

Untuk itu kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam, dan kemukakan segala bentuk gejala-gejala yang terjadi pada tubuh anda, sehingga Dokter Spesialis Penyakit Dalam dapat mengevaluasi dan mendapatkan hubungan antara bau mulut dengan penyakit sistemik sehingga didapatkan diagnosa yang tepat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai upaya menyembuhkan halitosis kronis, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar