Sukses

Minum Pil KB, Kok Tidak Haid?

21 Jul 2017, 21:52 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter saya mau tanya,sblumy say wanita usia 25th saya udh konsumsi pil KB yasmin dr 5hri haid itu menurt aturan pakainya tp smpek 21 pil habis sy tdk kunjung haid?saya jg sudh taspc 2xberturut2 n hasilny negativ akhiry say terus konsumsi pil yasmin dg strip yg bru,tp sudh 1minggu in perut bwah rasaya skit sperti sedang haid tp tdk kunjung haid.kal dihitung2 skrg sya sudah telat 2mgg lbh,bgaimn dokter?ap yg haruy sy lakukn mohon penjlasny trimaksih.

Terima kasih sudah bertanya mengenai pil KB melalui fitur Tanya Dokter

Pil KB atau kontrasepsi oral hormonal memang berisikan hormon yang mempengaruhi kadar hormonal di tubuh. Respon setiap wanita berbeda-beda di dalam menerima kontrasepsi ini, begitu pula pengembalian kesuburannya. Umumnya pengembalian kesuburan pada pemakai pil KB akan bervariasi dalam jangka waktu 3-12 bulan.

Pil KB adalah pil yang mengandung hormon reproduksi sintetik (progestogen dan kombinasi estrogen-progestogen) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh manusia guna mencapai manfaat yaitu mencegah terjadinya kehamilan. Efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi pil KB bervariasi pada tiap individu-perdarahan bercak, sakit kepala, payudara tegang, rasa penuh ataupun yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah- sangat tergantung dari jenis pil KB yang diberikan, dosis, dan keadaan individu tersebut. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda sebelum mulai mengonsumsi pil KB.

Pil Yasmin berisi hormon estrogen dan progesteron sebanyak 21 buah. Anda mengkonsumsi mulai dari hari ke 5 menstruasi. Justru, hormon pada pil KB memang membuat Anda tidak haid pada saat mengonsumsinya. Oleh karena itu sebelum memulai strip berikutnya maka dikosongkan beberapa hari supaya memberikan kesempatan untuk terjadinya menstruasi.

Demikan informasi mengenai pil KB kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar