Sukses

Imunisasi Dewasa

21 Jul 2017, 21:51 WIB
Wanita, 25 tahun.

dikarenakan data2 imunisasi saya hilang dan untuk melanjutkan s2 diharuskan ada record imunisasi measles, mumps, rubela dan miningitis. apakah saya bisa melakukan imunisasi ini dalam 1 hari? dan ke dokter apa ya? tetapkah ke dokter anak? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar vaksinasi dewasa melalui fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

Imunisasi yang dapat diberikan pada orang dewasa antara lain adalah: influenza, DPT, varicella, HPV, MMR, zoster, PCV, meningoccocal, HiB, hepatitis A dan B.

MMR (Measles, mumps, rubella) bisa saja diberikan pada orang dewasa sebagai dosis ke 2. Vaksin ini merupakan vaksin hidup. Vaksin MMR bisa mencegah terjadinya gondongan, campak, dan campak jerman. Vaksin ini sangat dianjurkan bagi orang yang hendak melakukan perjalanan atau yang tinggal di daerah yang padat. Kelainan meningitis bisa disebabkan beberapa bakteri. Sehingga imunisasi untuk mencegah meningitis tidak hanya satu, yaitu Pneumokokal Konjugat (PCV) dan Vaksin meningokokal. Vaksin meningokokal biasanya hanya diberikan pada orang yang bepergian ke area tertentu. 

Pada prinsipnya pemberian vaksin boleh saja diberikan 1 hari. Akan tetapi bila kedua vaksin adalah vaksin hidup, maka bila Anda tidak bisa memberikannya dalam hari yang bersamaan maka sebaiknya Anda menunggu selama satu bulan.

Vaksin ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter spesialis Penyakit Dalam. Anda bisa dapatkan di rumah sakit ataupun klinik vaksin. 

 

Yang anda dapat lakukan sekarang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda adalah makan makanan bergizi dan seimbang, istirahat teratur (6-8 jam sehari), banyak minum air putih, dan berolahragalah teratur. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai vaksinasi dewasa, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar