Sukses

Merangsang Kontraksi

21 Jul 2017, 21:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat mlm dok.. Saya fitri dr tangerang,saya mo tnya ni,saya skrg sdg hmil ank ke -2,prkiraan dokter hpl saya tgl 20juli 2017 & itu udh msuk 40 mnggu,kmrn trakhir USG bayi'y sehat,tdk ada kendala,berat'y sudh mncapai 3,4kg..tp kepala bayi lom msuk pinggul..dokter blng klo slma semnggu ke depan saya lom lhiran,di suruh blik lg ke RS...nah yg ingin saya tnyakan,kira2 tindakan apa yg akn d lakukan dokter jika smpe tgl 27juli 2017 saya lom lhiran..apakah lngsung operasi ceasar???& bisa normalkah prsalinan'y???klo blh brbagi,tips apa yg hrs d lakukan u/ merangsang mules/kontraksi???trimakasih atas jwbn'y

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai merangsang kontraksi.


Jika kehamilan Anda memang telah cukup bulan, Anda dapat memicu terjadinya kontraksi rahim untuk membantu mempercepat proses kelahiran dengan beberapa cara alami seperti :


Dengan meningkatkan frekuensi berjalan kaki atau naik dan turun tangga.
Dengan melakukan stimulasi terhadap puting susu
Dengan melakukan hubungan seksual. Cairan ejakulasi mengandung prostaglandin dan saat orgasme tubuh wanita akan melepaskan oksitosin. Prostaglandin dan oksitosin merupakan hormon yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim.


Lakukanlah aktivitas-aktivitas tersebut secara rutin. Kehamilan cukup bulan memang berkisar antara 38-42 minggu. Jika belum ada tanda-tanda persalinan, dokter akan menginduksi persalinan Anda dengan obat-obatan untuk memicu terjadinya kontraksi rahim. Sehingga masih memungkinkan Anda untuk melahirkan secara normal.

Menjelang persalinan, Anda sebaiknya memperhatikan tanda-tanda yang dapat dikenali agar dapat segera membawa diri ke rumah sakit atau bidan bersalin. Beberapa tanda-tanda menjelang waktunya persalinan antara lain : 

1. Adanya lendir bercampur darah
Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai istri Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban yang pecah, sebelum Anda membawa istri anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila istri anda mengalami pendarahan hebat.


2. Air ketuban pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi akan pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.


3. Kontraksi yang teratur
Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.


Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.  

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar