Sukses

Pantangan Post Operasi Polip Recti

21 Jul 2017, 14:35 WIB
Pria, 5 tahun.

Syy punya anak cewek...dia pernah punya penyakit polip rekti di bagian anusnya...dan tindakan syy sudah di operasi..syy tanya bisakah penyakit anak syy kambuh lagii setelah dii opersi dan apa saja pantangan yang syy harus lakukan terimkasii

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Polip artinya pertumbuhan yang menonjol. Polip anus kebanyakan merupakan tumor jinak bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Pada anak-anak juga dapat terjadi polip rektal yang disebut juvenile polip, umumnya terjadi pada usia kurang dari 10 tahun yang didominasi dengan keluhan berak berdarah. Namun pada kondisi tertentu, polip bisa berubah menjadi ganas (kanker). Pengobatan utama untuk polip adalah dengan tindakan bedah atau operasi yang disebut polipektomi. Menemukan dan mengangkat polip ini dapat menurunkan risiko terjadinya kanker rectum. Pada umumnya kanker rectum menyerang lebih sering pada usia tua. Lebih dari 90 persen penyakit ini menimpa penderita di atas usia 50 tahun. Walaupun pada usia yang lebih muda dari 50 tahun pun dapat saja terkena. Sekitar 3% kanker ini menyerang penderita pada usia di bawah 40 tahun. Kanker anus dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rektum.

 

Kemungkinan untuk kambuh kembali tetap ada, namun bisa saja tidak kambuh. Jagalah kesehatan usus anak Anda dengan memperbanyak makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah, hindari makanan berlemak dan daging olahan. Selain itu jangan lupa untuk melakukan skrinning rutin sejak menginjak dewasa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar