Sukses

Penyebab Mudah Gatal di Kaki

21 Jul 2017, 13:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dokter, saya sering gatal kalo misalkan kulit saya ini ada debunya. Terus apalagi kalo digigit nyamuk atau kulit saya lagi gatal suka digaruk sampe luka. Kasusnya ini udah dari saya kecil dok, kalo garuk2 itu ada yang suka sampai luka dan berbekas. Tapi itu terjadi kebanyakan ketika saya tidur, pas bangun tau-tau udah luka-luka. Kalo lagi dalam keadaan sadar pun terkadang garuk2 nya hampir sampe luka, kadang karena kuku saya panjang jadinya luka gitu. Tapi kuku saya pendek pun tetep aja kalo gatel terus tidur semaleman paginya tahu-tahu sudah luka. Dok, itu gejala apa ya? Terus solusinya gimana dok? Terima Kasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kaki mudah gatal melalui fitur Tanya Dokter

Kemungkinan yang anda alami adalah dermatiti atopi atau ekzema. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis lebih lanjut. Kami perlu melihat keadaan kulit anda untuk dapat mengetahui pasti. Apakah anda memiliki riwayat alergi? contohnya adalah asma, alergi debu, alergi seafood, sering bersih pagi hari, dll. 

Apabila anda memiliki kebiasaan menggaruk-garuk kulit kaki, ditakutkan akan memudahkan terjadinya infeksi. Infeksi pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi semakin tidak sehat, dan bekas yang ada dapat bertambah banyak dan lebar. 

Untuk pengobatanmya, tentu pertama harus dihindari faktor-faktor pencetusnya, kemudian anda dapat konsumsi obat anti alergi seperti loratadine atau cetirizine. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar kaki mudah gatal, Semoga bermanfaat

 

1 Komentar