Sukses

Wanita Berkumis dan Haid Tidak Teratur Artinya Tidak Subur?

21 Jul 2017, 11:59 WIB
Pria, 19 tahun.

Hallo dokter, saya pernah baca artikel ttg cewek berkumis itu susah punya anak dibadingkan dengn yg tdk berkumis dikarenakan hormon testosteronnya lbih banyak dan menjadikan tumbuhnya bulu dan siklus haidnya yg tidak normal. Nah, saya sedikit persis spt itu dok. Siklus haid tdk teratur dan tumbuh bulu2 kumis. Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang sindrom ovarium polikistik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Wanita yang berkumis disertai siklus haid yang tidak teratur kerap merupakan ciri dari wanita dengan penyakit Sindrom Ovarium Polikistik atau lebih dikenal dengan sebutan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita. Pada PCOS, sel telur membentuk kista-kista di dalam ovarium (indung telur) sehingga tidak bisa dibuahi.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutisme), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas).

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER) untuk dilakukan evaluasi. Jangan tunda untuk memeriksakan diri. Makin cepat ditangani, makin baik.

Baca juga: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sindrom ovarium polikistik. Semoga bermanfaat. (FA)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar