Sukses

Bagaimana Pengobatan Malaria?

21 Jul 2017, 10:40 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau tanya. Terapi untuk pasien malaria disertai gasteritis apa ya dok. Mohon dijawab. Terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai pengobatan malaria melalui fitur Tanya Dokter.

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Penyakit ini menyebar lewat gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menimbulkan komplikasi berat yang dapat berujung pada kematian.

Infeksi malaria dapat terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk saja. Penyakit ini tidak menular secara langsung dari satu individu ke individu lainnya. Penularan dapat terjadi apabila ada kontak dengan darah penderita, misalnya seorang ibu hamil menularkan kepada janin yang dikandungnya.

Diagnosis malaria dapat dipastikan dengan memerhatikan gejala yang dialami penderita, pemeriksaan fisik, serta tes diagnostik cepat (rapid diagnostic test/RDT). RDT dilakukan untuk mengetahui keberadaan dan jenis parasit yang menyebabkan malaria.

Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan sampel darah penderita. Dalam 20 menit, biasanya hasilnya sudah bisa didapat. Hasil RDT sangat penting dalam menentukan tipe pengobatan antimalaria yang akan diberikan kepada penderita. Tes ini bisa didapatkan di Rumah Sakit Umum Daerah atau Rumah Sakit Swasta.

Pemeriksaan darah juga akan dilakukan untuk mengetahui apakah pasien juga menderita anemia. Anemia adalah salah satu komplikasi yang dapat terjadi sebagai akibat dari malaria.

 Gejala yang timbul sering kali ringan dan sulit diidentifikasi sebagai malaria, kecuali dilakukan pemeriksaan darah. Beberapa gejala malaria mirip dengan gejala flu, seperti:

Demam tinggi
Sakit kepala
Berkeringat
Menggigil
Muntah

Pada beberapa jenis malaria, demam muncul setiap 48 jam. Ketika suhu tubuh sedang turun, Anda akan merasa kedinginan dan menggigil. Lantas, timbul demam yang disertai keringat berlebihan dan rasa lelah. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung selama 6-12 jam. Gejala malaria lainnya dapat berupa nyeri otot dan diare.

Kasus malaria paling berbahaya disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum. Jika tidak ditangani dengan cepat, malaria jenis ini dapat menyebabkan komplikasi yang dapat berakibat fatal, seperti masalah pernapasan atau kegagalan fungsi organ tubuh.
Penderita malaria dapat sembuh total jika malaria diobati dan ditangani dengan benar.

Proses pengobatan harus segera dimulai setelah diagnosis diketahui. Obat antimalaria yang akan diberikan dokter tergantung pada faktor berikut:

Jenis parasit yang menyebabkan malaria
Tingkat keparahan malaria yang diderita
Kehamilan penderita

Untuk pengobatan lebih jelas, Anda harus berkonsultasi dan diperiksa langsung oleh dokter. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengobatan malaria. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar