Sukses

Darah Di ASI

21 Jul 2017, 11:07 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter, saya mau tanya. Saya biasanya menggunakan pompa asi elektrik utk mengeluarkan asi. Td pagi sekitar jam 3 pagi sewaktu saya pompa, payudara saya sebelah kiri mengeluarkan darah.awalnya saya tidak tahu.sewaktu saya selesai pompa, saya melihat asi saya berwarna merah dan dibawahnya ada endapan darah. Sewaktu saya buang ternyata endapan darah itu menyerupai gumpalan darah sewaktu haid, strukturnya seperti hati. Apa ini berbahaya dokter? Atau ada indikasi penyakit? Selang 3 jam berikutnya sewaktu saya pompa darah nya sudah tidak ada lg. trs dokter , apakah asi yg dihasilkan setelahnya berbahaya utk diminum baby? Mohon penjelasannya dokter. Trima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com

Darah di ASI saat pompa bisa disebabkan adanya luka di daerah puting Anda. Hal ini normal terjadi pada ibu menyusui.

Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini:

1. Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda.
2. Biasakan untuk membersihkan puting terlebih dahulu sebelum dan usai menyusui.
3. Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
4. Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu puting ibu supaya salep yang terdapat pada puting tidak tertelan oleh bayi.
5. Jika keluhan tidak teratasi kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan konselor laktasi atau dokter anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga bermanfaat, Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar