Sukses

Menggunakan Softlens

21 Jul 2017, 08:38 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum dok, saya sejak kelas 6 SD pakai kacamata..smpai sekarang sudah minus 4 kanan kiri & salah satunya ada silinder nya 1/3.. saya ingin di hari pernikahan gak pakai kacamata.. kira-kira gimana dok kalau saya pakai softlens hanya saat di acara pernikahan? terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Anda tentu saja bisa menggunakan softlens. Softlens adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit mata seperti Anda. Untuk menggunakan softlens yang mana, sebaiknnya Anda konsultasi dulu dengan dokter mata mengenai kondisi Anda. 

Softlens membutuhkan perhatian mulai dari penggunaan, lama pemakaian, penyimpanan dalam kotaknya, dan perawatan kebersihan. Karena penggunaan softlens yang kurang tepat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan batas pemakaian softlens Anda (apakah 1 bulan atau 3 bulan, dll) dan pastikan agar tidak dipakai melebihi waktu yang ditentukan. Penyimpanan dan perawatan kebersihannya juga harus diperhatikan dengan seksama agar tetap bersih dan tidak menjadi sumber infeksi.

Pemakaian softlens juga dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata.
Untuk mengatasinya, Anda dapat meneteskan cairan pelembap khusus untuk softlense langsung ke mata secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Penggunaan softens, meskipun akan memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik namun akan memberikan risiko yang lebih tinggi terhadap timbulnya infeksi atau iritasi yang berbahaya pada mata. Penggunaan softlens dapat menyebabkan infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis (infeksi pada selaput tipis yang menyelubungi mata luar), keratitis (infeksi pada kornea mata), dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada seluruh bola mata. Hal ini dapat terjadi bila higiene pada saat penggunaan softlens atau cairan softlens tidak baik. Warna dan jenis bahan softlens dapat saja menyebabkan alergi. Selain itu cairan softlens juga dapat menjadi sumber pemicu terjadinya alergi pada daerah mata. Hal ini sifatnya individual.


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar