Sukses

Anak Demam Hanya Di Kepala

21 Jul 2017, 06:04 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin tanya anak saya ktiak dan kepala panas dok tp telapak tangan dan kaki dngin kira2 knapa ya dok?? Usian anak saya 4 tahun 8 bulan terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar demam pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Demam atau panas pada anak biasanya merupakan pertanda terjadinya infeksi pada anak dan terjadi di seluruh tubuh, juga dapat dirasakan oleh orang tua maupun dokter di seluruh tubuh. Sering disertai dengan sikap gelisah berlebihan, sulit makan dan gejala lainnya pada anak.

Bila tidak ada gejala lain yang menyertai panas pada kepala anak, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika panas pada anak hanya dapat dirasakan pada kepala saja, bisa diperhatikan suhu di ruangan tersebut atau pakaian yang digunakan anak. Juga dapat diperhatikan bahan-bahan selimut atau pun sprei tempat tidur Anak, apakah bahannya terlalu tebal. Panas pada anak yang hanya dapat dirasakan di kepala juga dapat disebabkan pusat pengatur panas pada anak belum berfungsi sempurna seperti pada orang dewasa, jadi hanya dirasakan pada kepala.

Jika suhu ruangan sudah optimal dan bahan-bahan pakaian, selimut serta sprei lainnya sudah cukup sejuk dan tidak terlalu tebal dan kepala anak masih sering panas, serta timbul gejala-gejala lain, maka orang tua dapat membawa anak ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih terinci.

Keluhan rasa panas dapat saja bersifat subjektif. Oleh karena itu akan lebih baik jika dibuktikan dengan pemeriksaan suhu menggunakan termometer. Apabila suhu anak melebihi suhu normal (35,6 - 37,2C) maka anak dapat dikatakan demam. Untuk itu anda dapat memberikan obat demam, atau memberi kompres hangat pada lipatan tubuhnya. Namun, bila demam tidak teratasi atau terus berlanjut, maka sebaiknya anda kembali memeriksakan anak kepada dokter spesialis anak agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Baca juga: Berbagai Penyebab Demam pada Anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam pada anak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar