Sukses

Tidak Haid dan Rahim Kecil

21 Jul 2017, 05:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

slam doktr tmen saya di saran kan cek hormon di karna kan tidak pernah haid sama skli skrng usia nya 21thn rahim ada namun ukuran a kcil.. apa ada solusi slain cek hormon krna biaya nya cukup bsar dok...??? andai kata sudah cek hormon apa sudah bisa haid.. dan bisa hamil?? mohon jawaban a dokter

Terimakasih telah bertanya tentang rahim kecil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter kandungan? Bila sudah, berapakah ukuran rahim Anda saat diperiksa dokter? 

Ukuran rahim normal wanita yang tidak hamil kurang lebih sebesar telur ayam. Jika dianggap 'kecil' mungkin ada kelainan yang mendasari, seperti: 

  1. Agenesis uterus. Pada keadaan ini dapat ada rahim atau tidak terdapat rahim sama sekali. Keadaan ini sangat jarang terjadi, ditandai dengan tidak adanya haid, pada keadaan ini tidak dapat terjadi kehamilan. 
  2. Uterus didelphys. Pada keadaan ini seperti terdapat dua rahim, dan dapat juga terbentuk dua vagina. Pada keadaan ini masih dapat terjadi kehamilan.
  3. Unicornuate uterus. Pada keadaan ini hanya terdapat setengah rahim, sehingga hanya terdapat pula 1 tuba falopi, pada keadaan ini masih dapat terjadi kehamilan namun angka kegugurannya tinggi. 
  4. Bicornuate Uterus. Pada keadaan ini terdapat sebuah pembatas rahim yang terdapat pada rahim bagian atas, keadaan ini tidak berpengaruh terhadap fertilitas namun angka kegugurannya tinggi.
  5. Septate Uterus. Pada keadaan ini terbentuk pembatas pada dalam rahim sehingga sulit terjadi kehamilan.
  6. Arcuate Uterus. Pada keadaan ini seperti terdapat lekukan di atas rahim dan tidak berpengaruh terhadap kehamilan. 

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan untuk menentukan kondisi rahim Anda yang sesungguhnya serta melihat peluang kehamilannya.

Bila peluang untuk hamil masih ada, Anda harus merencanakan dengan sungguh-sungguh paling tidak 3 bulan sebelum hamil. Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda untuk merencanakan kehamilan:

Baca juga: Penyebab Tidak Haid Berbulan-bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rahim kecil. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar