Sukses

Gatal-gatal Saat Hamil Seperti Biang Keringat

21 Jul 2017, 03:44 WIB
Pria, 25 tahun.

Haloow dok...saya mau tanya saat ini saya hamil 5bln terus timbul gatal2 seperti keringat butet gitu cara ngilangin gatalnya gmn ya dok

Terimakasih telah bertanya tentang gatal saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Gatal saat hamil kerap disebabkan oleh faktor hormonal, adanya alergi (eksim), biang keringat, kulit yang meregang (stretching) akibat pembesaran perut, dan akibat sumbatan saluran empedu saat hamil (intrahepatic cholestasis of pregnancy/ICP). 

Pada kasus Anda, kemungkinan besar disebabkan oleh biang keringat. Biang keringat biasanya muncul ketika cuaca panas atau lembap. Pada kasus ini, terjadi sumbatan kelenjar keringat sehingga keringat terjebak dan menimbulkan iritasi pada kulit. Keluhannya lebih terasa pada area yang tertutup pakaian. 

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan:

  • Hindari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Bila harus bepergian di luar rumah, gunakan payung atau topi untuk mencegah paparan panas yang berlebihan.
  • Konsumsi lebih banyak air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan longgar agar menyerap keringat.
  • Jaga kulit Anda tetap sejuk dengan mandi air biasa/dingin. Berada di dalam ruangan berpendingin selama beberapa jam sehari juga dapat mengurangi keluhan. Bila perlu gunakan kompres dingin, namun jangan lebih dari 20 menit.
  • Gunakan lotio calamine untuk menyejukkan dan mengurangi iritasi pada kulit.
  • Bila gatal sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antihistamin seperti CTM yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mengetahui penyebab gatal-gatal Anda secara lebih pasti, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter spesialis kulit. Di samping itu, obat minum dan obat oles untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan dan penggunaannya harus selalu didiskusikan dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gatal saat hamil. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar