Sukses

Penanganan Piriformis Syndrome

20 Jul 2017, 22:53 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat pagi dok saya mengalami psindrom piriformis dan sudah menjalani fisik terapi dan juga sudah konsumsi obat tapi sakit masih terasa walau sedikit saya ingin minta saran untuk perawatan atau latihan yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah. Trims

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan piriformis syndrome melalui fitur Tanya Dokter

Untuk menyembuhkan piriformis syndrome, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab utamanya. Apakah penyebabnya merupakan hasil dari bantalan tulang belakang yang sudah tidak baik, atau penjepitan saraf di lokasi lain. Penyuntikan kortikosteroid pada lokasi terjadi penyempitan (pada kasus hernia bantalan tulang) dapat mengurangi peradangan dan mengurangi penjepitan. Injeksi ini dapat bertahan selama 1 bulan hingga 1 tahun. 

Selain itu, latihan penguatan otot hamstring, serta meningkatkan kelenturan otot hamstring juga sangat penting. Karena sulit  menjelaskan gerakan stretching dan penguatan otot hamstring di tulisan ini, anda dapat mencari video mengenai : sitting hamstring stretch, wall hamstring stretch, kedua latihan ini untuk melenturkan otot hamstring. Dilakukan selama 5 menit dalam 1 hari, boleh dibagi-bagi misalnya pagi 2 menit sore 3 menit. Untuk menguatkan otot hamstring, anda dapat membeli exercise band ( karet olahraga) dan lakukan gerakan hip extension. Lakukan gerakan ini selama 3 x 10 repetisi, dengan durasi 5 detik setiap menarik kaki.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penanganan piriformis syndrome  ,Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar