Sukses

Cara Menangani Gigi Rapuh Dan Keropos

20 Jul 2017, 21:12 WIB
Pria, 19 tahun.

malem dokter saya mau tanya. saya masih muda tetapi gigi saya sudah rapuh dan sejauh ini sudah banyak yang keropos, apakah penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya? dan gigi depan saya juga sudah ada yang keropos sedikit apakah itu bisa di tambal atau sejenisnya untuk gigi depan saya?

Terimakasih telah bertanya tentang cara menangani gigi rapuh dan keropos melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi yang anda alami. Gigi yang sudah berlubang dan dibiarkan tanpa perawatan lama kelamaan akan rapuh dan makin keropos. Apabila dalam keadaan keropos ini tidak dilakukan perawatan gigi, maka bisa terjadi patah karena gigi tersebut sudah rapuh jika digunakan untuk mengunyah makanan yang keras. Gigi Anda yang sudah terlanjur keropos dan berlubang masih dapat dirawat oleh dokter gigi. Agar tidak semakin parah maka harus dimulai perawatan gigi satu demi satu sampai tuntas. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Pada beberapa orang memang memiliki kecenderungan gigi mudah keropos dibanding lainnya, oleh karena anda harus mengetahui apakah anda termasuk yang memiliki kecenderungan tersebut atau tidak. Jika Anda merasa memiliki kecenderungan seperti itu, artinya anda harus lebih disiplin lagi menjaga keutuhan gigi anda. Karies gigi atau lubang gigi yang kecil bila didiamkan akan lebih cepat merambah menjadi karies yang besar yang kemudian menyebabkan gigi sampai patah. Pemasangan gigi palsu aman asalkan desain dan jenis gigi palsunya sesuai dengan keadaan gigi anda.

Oleh karena itu segera periksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi, dan segera dilakukan perawatan pada gigi-gigi yang keropos satu demi satu sampai tuntas. Dan perhatikan pola makan anda, baca artikel terkait :

Ini Dia Makanan Penyebab Gigi Keropos

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menangani gigi rapuh dan keropos, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar